Bacaan Sholawat Tarhim

Wednesday, July 1, 2015

Saya yakin jika kebanyakan orang pernah mendengarkan bacaan sholawat yang satu ini, karena memang sangat populer di negara tercinta ini. Terlebih di bulan Romadhon seperti sekarang, Anda akan biasa mendengar sesaat setelah waktu imsyak dikumandangkan sebelum adzan sholat shubuh. Menurut informasi yang saya dapat, sholawat ini diciptakan oleh Shaykh Mahmoud Khalil Al Hussary, silahkan kalian cari tahu sendiri siapa beliau.

Sewaktu kecil saya pernah bertanya kepada salah seorang guru ngaji tentang bacaan ini, karena saya kira ini merupakan ayat Al Qur’an, tetapi beliau hanya menjawab jika itu hanyalah sholawat, dan dari situlah saya tahu kalu nama sholawat ini merupakan sholawat tarhim.

Mungkin bagi Anda yang masih belum mengerti, video di bawah ini bisa diputar kok :blush:


Berikut adalah isi dari Sholawat Tarhim.

الصلاة والسلام عليك يا امام المجاهدين يا رسول الله
“Sholawat dan salam kepadamu pemimpin para pejuang mujahidin, duhai Rasulullah.”

الصلاة والسلام عليك يا نا صرالهدى يا خير خلق الله
“Sholawat dan salam kepadamu duhai penuntun petunjuk Ilahi, duhai makhlauk Allah yang terbaik.”

الصلاة والسلام عليك يا ناصر الحق يا رسول الله
“Sholawat dan salam kepadamu duhai penolang kebenaran, duhai utusan Allah.”

الصلاة والسلام عليك يامن اسرى بك المهيمن ليلا نلت ما نلت والانام نيام
“Sholawat dan salam kepadamu duhai yang memperjalankanmu dimalam hari, Dialah Yang Maha Melindungi, engkau memperoleh apa yang kau peroleh sementara manusia tidur.”

وتقدمت للصلاة فصلى كل من في السماء وانت الامام والي المنتهى رفعت كريما وسمعت النداء عليك السلام
“Semua penghuni langi sholat dibelakangmu dan engkau menjadi Imam, engkau diberangkatkan ke Sidratul Muntaha karena kemuliaanmu, dan engkau mendengar ucapan salam atasmu.”

يا كريم الاخلاق يا رسول الله صلي الله عليك وعلي اليك واصحابك اجمعين
“Duhai yang paling mulia akhlaknya, duhai Rasulullah. Sholawat Allah semoga tercurah atasmu, atas keluargamu dan atas sahabatmu seluruhnya.”


Bagi sebagian orang, membaca atau memutar sholawat tarhim sebelum adzan sholat shubuh merupakan kebid’ahan. Sebagai seorang awam, saya hanya memandang dari segi yang lain, karena ini merupakan karya yang sangat indah, yang mampu meningkatkan kecintaan kita terhadap junjungan kita, Rasulullah Muhammad Shallallahu `alaihi Wa Sallam.