Tak Cukup Hanya “Incognito”

Because there’s no place like 127.0.0.1

Beberapa hari yang lalu saya membaca sebuah tulisan bagus dari Quincy Larson yang berjudul “How to encrypt your entire life in less than an┬áhour”. Artikel tersebut menjabarkan beberapa tips tentang bagaimana untuk tetap aman dalam dunia digital, termasuk di dalamnya penggunaan browser yang memiliki fitur dalam hal keamanan yang jauh lebih baik dari pada browser yang umum kita gunakan seperi Chrome, Firefox, Safari, dan lain sebagainya, bahkan sekalipun kita sudah menggunakan fitur Incognito ataupun Private Window. Silahkan gunakan TOR.

Dan satu hal lagi yang belum masuk dalam list tips dari penulis adalah penambahan daftar alamat pada file Host untuk meningkatkan privasi dari komputer kita ketika terhubung ke internet. Gunakan host untuk mencegah komputer kalian terhubung ke alamat-alamat tertentu. Ini merupakan cara mudah dan efektif untuk melindungi kalian dari berbagai jenis spyware, mengurangi penggunaan bandwidth, memblokir perangkap pop-up tertentu, dan mencegah pelacakan pengguna dengan menggunakan celah atau bug pada sebuah website. Mekanismenya hanyalah membatasi/memblok perangkat kita 127.0.0.1 untuk dapat mengakses alamat/IP Address yang tertera pada list.

Beberapa bulan ini saya menggunakan host file milik Dan Pollock di perangkat pribadi saya baik laptop dan juga HP. Silahkan download dan install di perangkat kalian. Tutorial pemasangan untuk berbagai jenis sistem operasi sudah tertera dalam file, silahkan buka menggunakan notepad.

Untuk pemasangan pada perangkat ponsel Android, syarat utamanya adalah HP sudah memiliki akses Root. Gunakan file manjer yang support root akses dan letakkan file pada /system/etc/.

Update

Kalian juga dapat menggunakan repository Steven Black sebagai alternatif. Tutorial pemasangan serta update daftar host juga disertakan.

Author: Sasono

Some say that I'm a monster.