Mencoba Pop!_OS 20.04

Kemarin saya baru install Pop!_OS versi 20.04 di mesin Toshiba baru saya, basisnya dari Ubuntu 20.04 LTS. Sepertinya enak juga ini, kalau baca dari beberapa review katanya lebih ringan daripada Ubuntu 20.04 LTS.

Pop OS ini bawa Flathub secara default disamping Pop!_Shop sebagai App Manager, jadi bisa tinggal pilih mau pasang aplikasi versi default store atau Flatpak yang biasanya lebih up-to-date.

Oh ya, Pop!_OS ini juga pakai GNOME sebagai desktop environtmentnya. Dan karena semenjak dulu saya pakainya Ubuntu Unity & GNOME, jadi tampilannya saya buat sama seperti yang dulu. Saya gak terlalu suka tampilan default GNOME dengan lokasi dash di atas, sagat sangat tidak enak dilihat. Jadi saya ganti dengan Arc Menu (GNOME Extension) dan saya pindah ke bagian bawah pakai Dash to Panel.

Tema default Pop!_OS ini sebenarnya sudah ada versi Dark Mode, iconnya juga bagus. Tapi tetep ya, tema juga saya samakan dengan yang lama 😅, saya pakai Arc Theme dan icon saya pakai Paper Icon.

Note:

Pop!_OS menggunakan Systemd-boot sebaga bootloader, jadi jika ingin melakukan dual boot system, silahkan install GRUB atau gunakan saja OS Prober, saya sih pakai OS Prober, lebih simple.

sudo apt install os-prober
sudo os-prober
sudo update-grub